Wali songo dan islamisasi Indonesia

Diposkan oleh Mr.Hansip on Rabu, 16 November 2011

Wali songo dan islamisasi Indonesia
Ada Sembilan ulama yang sangat berjasa dalam penyebaran islam di jawa.mereka di kenal dengan sebutan “wali songo” (Sembilan wali). Wali songo mengembangkan agama islam antara abad ke-14 sampai abad ke-16, menjelang dan setelah runtuhnya kerajaan majapahit.


dalam babad tanah jawi dikatakan bahwa dalam berdakwah, para wali ini di anggap sebagai kepala sekelompok mubalig untuk daerah penyiaran tertentu. Selain dikenal sebagai ulama, mereka juga berpengaruh besar dalam kehidupan politik pemerintahan. Karena itu mereka diberi gelar “sunan” (susuhunan: junjungan). Gelar yang biasa digunakan untuk para raja di jawa .bukti kebesaran wali songo terlihat dari peninggalan mereka.


Peran wali songo dalam pengembangan islam di Indonesia
Wali songo berperan besar dalam pengembangan dan penyebaran agama islam di Indonesia, khususnya di jawa . di sepanjang pesisir utara jawa, mulai dari gresik di jawa timur hingga cirebon dan banten di jawa barat,
Dalam menyiarkan islam,wali songo tidak hanya akrab dengan masyarakat umum,tetapi juga dengan penguasa kerajaan.sunan ampel berperan saat merancang kerajaan islam pertama di jawa,yaitu kesultanan demak.para wali mengangkat raden patah (putra kertabumi brawijaya ke-5, raja terahir majapahit) sebagai sultan pertama kesultanan demak. Dari sunan boning raden patah mendapat pendidikan islam. Sementara dalam menjalankan pemerintahanya, raden patah meminta nasihat sunan kalijaga. Di daerah Cirebon,sunan gunung jati sangat berjasa dalam mendirikan kesultanan cirebon dan dinasti raja-raja banten.
Wali songo ketika menyiarkan islammenggunakan berbagai bentuk kesenian tradisional masyarakat setempat .mereka menyisipkan nilai-nilai islam kedalam kesenian tersebut.karena itu upaya mereka tidak dirasakan asing oleh masyarakat dan sangat komunikatif. Usaha ini membuahkan hasil,tidak hanya mengambangkan agama islam tetapi juga memperkaya kandungan budaya jawa.


Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik

selain dikenal dengan nama maulana malik Ibrahim,sunan gresik juga dikenal sengan nama maulana maghribi (syekh maghribi) ia diduga berasal dari wilayah magribi (afrika utara). Namun hingga saat ini tidak di ketahui sejarah secara pasti tentang tempat dan tahun kelahiranya.ia diperkirakan lahir sekitar abad ke-14 .ia berasal dari keluarga muslim yang taat dan belajar agama islam sejakkecil.meskipun demikian tidak diketahui siapa gurunya hingga ia sekaran menjadi seorang ulama


sunan gresik diyakini sebagai pelopor penyebaran agama islam di jawa. Ia berdakwah secara intensif dan bijaksana. Sunan gresik bukan orang jawa,tetapi ia mampu mengantisipasi keadaan masyarakat yang dihadapinya. Ia menerapkan metode dakwah yang tepatuntuk menarik simpati masyarakat pada islam. Upaya menghilangkan system kasta dalam masyarakat pada masa itu menjadi objek dakwah. Cita-cita dan perjuanganya menyebarkan islam dilanjutkan anaknya ,sunan ampel.


Sunan Ampel
sunan ampel memulai dakwahnya dari sebuah pesantren yang didirikan ampel denta (dekat Surabaya) karena itu ia dikenal sebagai Pembina pondok pesantrean pertama di jawa timur. Sunan giri,raden patah, sunan boning,dan sunan drajat adalah murid-murid sunan ampel.


Sunan ampel dikenal sebagai wali yang tidak setuju dengan adat istiadat masyarakat jawa pada masa itu.misalnya kebiasaan mengadakan sesaji dan selamatan.namun para wali berpendapta bahwa hal itu tidak dapat dihilangkandengan segera. Mereka mengusulkan agar adat istiadat seperti itu doberi warna islam. Ahirnya sunan ampel menyetujui usul ini walaupun tetap khawatir hal ini berkembang menjadi bidah.

Sunan Giri
Sunan giri yang bernama asli raden paku adalah putra maulana ishak. Ia ditugaskan untuk menyiarkan agama islam di blambangan. Sunan giri pernah belajar di pesantren ampel denta, setelah dewasa, pada suatu perjalanan haji bersama sunan bonang, ia singgah di pasai untuk memperdalam ilmu agama,


Sekembalinya ke jawa, sunan giri mendirikan pesantren di daerah giri.ia juga banyak mengirim juru dakwah ke bawean,bahkan ke Lombok,ternate dan tidore di maluku


Sunan Bonang
Sunan boning menyebarkan agama islam dengan cara menyesuaikan diri dengan corak kebudayaan masyarakat jawa yang menggemari wayang dan music gamelan.ia menciptakan gending-gending yang memiliki nilai keislaman.setiap bait lagu diselingi dengan ucapan dua kalimat syahadat (syahadatan) sehingga music gamelan yang mengiringinya kini dikenal dengan istilah sekaten.


Sunan boning pernah belajar islam di pasai,aceh.sekembalinya dari pasai ia memusatkan kegiatan dakwanya di tuban dengan mendirikan pondok pesantren .para santrinya berasal dari segenap penjuru nusantara. Sunan boning yang dilahirka di ampel denta,Surabaya,wafat di tuban pada tahun 1525 M


Sunan Drajat
sunan drajat dikenal sebagai seorang wali yang dermawan.ia banyak memberikan pertolongan pada yatim piatu,fakir miskin,orang sakit,dan orang sengsara.perhatianya yang besar terhadap masalah social sangat tepat pada masa itu .


ia hidup pada saat kerajaan majapahit runtuh(sekitar1478M) dan rakyak mengalami suasana kritis secara prihatin


Sunan Gunung Jati
Sunan Gunung Jati yang sangat berperan dalam penyebaran islam di jawa barat,khususnya Cirebon.ia pendiri dinasti kesultanan banten.kesultanan banten dimulai dari putranya sultan maulana hasanuddin. Sunan gunung jati memprakarsai penyerangan ke sunda kelapa pada tahun 1527M dibawah pimpinan fatahillah. Panglima perang kesultanan demak yang juga menantu sunan gunung jati.


Sunan gunung jati memiliki nama asli syarif hidayatullah.ia merupakan cucu raja padjadjaran yang lahir di mekah.setelah dewasa ia memilih berdakwah di jawa,disini ia bertemu dengan pamanya raden walangsungsang (pangeran cakra buana) .setelah pamanya wafat, ia menggantikan kedudukanya dan berhasil menjadikan Cirebon sebagai kerajaan islam pertama di jawa barat.


Sunan Kudus
untuk melancarkan penyebaran islam,sunan kudus membangun sebuah masjid di daerah loran pada tahun 1549 M. masjid itu diberi nama masjid al-aqsa atau al-manar. Wilayah sekitarnya disebut kudus,nama yang di ambil dari nama kota al-quds (yerusalem) di palestina yang pernah ia kunjungi. Masjid itu kemudian di kenal dengan nama masjid menara kudus karena disampingnya terdapat menara tempat bedug masjid.


Sunan kudus atau ja’far sadiq digelari wali al’ilmi (orang ber ilmu luas) oleh para wali songo karena memiliki keahlian khusus dalam bidang agama.karena keahlianya itu,ia banyak di datangi para penuntut ilmu dari berbagai wilayah, ia juga dipercaya untuk mengendalikan pemerintahan di daerah kudus. Karenaya ia menjadi pemimpin agama sekaligus pemimpin pemerintahan di wilayah itu.,


Sunan Kali Jaga
Sunan Kali Jaga dikenal sebagai budayawan dan seniman (seni suara,ukir dan busana) ia menciptakan aneka cerita wayang yang bernafaskan islam .sunan kali jaga memperkenalkan wayang yang dibuat dari kulit kambing (wayang kulit) .pada masa itu wayang popular dilukis pada semacam kertas lebar (wayang beber) .dalam seni suara ia pencipta lagu dandang gula.


Sunan kali jaga berasal dari suku jawa asli.ia melakukan dakwah dengan cara berkelana .karena wawasanya luas dan pemikiranya tajam,sunan kali jaga tidak hanya disukai rakyat,tetapi juga oleh para cendikiawandan penguasa.raden patah dari kesultanan demak sering kali meminta nasihatnya.


sunan muria
sunan muria adalah salah seorang wali songo yang sangat berjasa bagi penyebaran islam di daerah pedesaan ,putra sunan kali jaga ini dikenal suka menyendiri dan tinggal di desa bersama rakyat biasa.dalam menyiarkan islam,sunan muria selalu menjadikan desa desa terpencil sebagai tempat operasinya.


seperti para wali songo yang lain, sunan muria pun menggunakan kesenian sbagai sarana berdakwah.dua tembang yang diciptakanya adalah tembang sinom dan kinanti tembang sinom umumnya melukiskan suasana ramah tamah dan berisi nasihat. Adapun tembang kinanti yang bernada gembiradigunakan untuk menyampaikan ajaran agama,nasihat,dan filsafat hidup



  1. Kisah Seorang Aktris Porno Yang Meninggalkan Karirnya
  2. belajar dari kupu-kupu
  3. Belajar Mengasihi Dari Malaikat Kecil
  4. Perjuangan Hidup Penambang Belerang
  5. Uang dan waktu
  6. Nick Vujicic, Pria Yang Hidup Tanpa Kaki dan Tangan
  7. true story Surat Seorang Ayah Kepada Anaknya yang Sudah Meninggal
  8. kisah inspiratif orang terkaya ke3 di indonesia
  9. Kisah Mengharukan Seorang Perampok dan Anak Buta
  10. Lanjutkan! (Jangan Kau Berhenti)
  11. Sisihkan 2-3 menit waktu kalian sebentar utk membaca ini
  12. kisah nyata yang terjadi di jepang
  13. Socrates Diperintahkan Meminum Racun karena Mengajarkan Kebenaran
  14. CINTAILAH CINTA
  15. Bicara Dengan Bahasa Hati
  16. tak sesulit yang anda bayangkan
  17. Ibunda, Kenapa Engkau Menangis
  18. PELAJARAN SANG KELEDAI
  19. HARI INI ADALAH ABADI
  20. menikmati kritik dan celaan
  21. sayangilah kekasihmu sebelum ini terjadi
  22. Impian Seluruh Orang Tua
  23. Renungan Seorang Anak
  24. keharusan memberi, bukan menerima
  25. Kisah sebuah guci
  26. Hargailah Sebutir Nasi
  27. kapan kita membahagiakan orang tua kita???
  28. Segala Hal Pasti Butuh Biaya
  29. menuju kebahagiaan
  30. Renungan Hidup/a>
  31. Kebodohan Profesor yang Menganggap Agama Sebuah Mitos
  32. Renungan Buat Wanita Jaman Sekarang
  33. SAAT-SAAT KEMATIAN MENJEMPUT
  34. renungan di kesunyian malam
  35. Suami yg sholeh harta yg berharga buat istri
  36. Perlakukan dengan baik
  37. Kisah Cinta seorang Anak kepada Orang Tuanya
  38. Jati diri Kita yang Sebenarnya
  39. Kenyamanan Bagai Arak Beracun
  40. Berkorban Itu Indah
  41. Pengabdian Tanpa Tanda Jasa

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar